Muhasabah Diri

shalat sunnah di masjid quba…
January 23, 2015
Jumlah haji dan umroh Rasulullah saw
February 24, 2015

Muhasabah Diri

Assalaamu’alaikum para calon tamu Allah swt

Mudah-mudahan Allah swt senantiasa memberikan rasa syukur dalam hati kita atas limpahan nikmat Nya yang diberikan kepada kita semua aamiin.

Di hari yang berbahagia ini ada beberapa hikmah dari firman Allah swt yang patut kita resapi dan kita amalkan dalam hidup kita sehari-hari agar kita menjadi manusia yang beruntung. Allah swt berfirman ” Jika mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam) maka Kami benar-benar akan memberi mereka air yang segar (rezeki yang banyak) ” QS.Al-JInn [72] : 16

Dalam sebuah hadits Qudsi Allah swt berfirman, Jika hamba-hamba-Ku taat kepada-Ku maka akan Aku turunkan hujan kepada mereka di malam hari, Aku pancarkan matahari tanpa awan di pagi hari dan tidak akan Aku perdengarkan gelagar guntur.

Rasulullah saw bersabda, ” Kebaikan itu tak akan lapuk sementara dosa-dosa tak mungkin terlupakan dan para pengutang tak akan pernah nyenyak tidurnya, seperti apa perbuatanmu, seperti itulah balasannya. ”

Abu Sulaiman ad-Darani berkata, ” Barangsiapa yang membersihkan diri dan jiwanya, maka ia pasti dibersihkan, barangsiapa yang mengotori jiwanya, maka ia akan dicemari pula, barangsiapa yang berlaku baik pada malam hari maka akan dibalas di siang harinya dan yang berbuat baik di siang hari maka akan dibalas di malam harinya.”

Tersebutlah seorang tua yang sering melakukan perjalanan ke majelis-majelis ilmu berkata, ” Barangsiapa yang menginginkan dirinya selalu sehat maka bertaqwalah kepada Allah.”

Al-Fudhail bin ‘Iyadh berkata, “Jika aku melakukan suatu maksiat maka aku melihat akibatnya dalam perilaku pembantu dan hewan tungganganku.” Ketahuilah wahai -saudaraku semoga Allah memberi taufik kepada kita- sesungguhnya orang yang tidur karena keracunan tidak akan pernah merasa sakit bila dipukuli. Kekurangan dan kelebihan seseorang akan tampak jika mereka terus mengintrospeksi dirinya. Jika kita merasa jiwa ini kotor, maka ingatlah bahwa ada nikmat yang mungkin tidak kita syukuri atau kita telah melakukan suatu kesalahan.

Maka berhati-hatilah agar nikmat Allah tidak menjauh dari diri kita dan berhati-hatilah terhadap bala yang setiap saat bisa menimpa kita. Janganlah kita tertipu dengan berpura-pura sabar, mungkin saja dia cepat terhempas dari hati kita.

Abu Ali Ar-Rudzabari berkata, ” Suatu hal yang menandakan bahwa engkau sangat tertipu adalah tatkala engkau berbuat jahat namun Dia membalasmu dengan kebaikan, namun engkau tak kunjung ingin bertaubat dengan mengira bahwa dosa-dosamu bakal diampuni.

Semoga Allah swt melindungi diri kita dari perbuatan-perbuatan yang merugikan, aamiin

‘dikutip dari buku Shaidul Khathir karya Imam Ibnu Al-Jauzy

Bagi Anda yang ingin mendapatkan info Umroh & Haji silahkan hubungi Hasanah Tour & Travel,
Phone 021 – 8431 0362
Pin BB 53D1255D
WA/SMS 0812-199-22020
Email info@hasanahtours.com
Website : www.hasanahtours.com

Comments are closed.